Monday , March 1 2021
Breaking News

√ Pengertian Manajemen adalah , Unsur, Fungsi, Macam dan Penerapan

Manajemen adalah – Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas pengertian manajemen adalah, Unsur, fungsi, macam dan penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Manajemen menurut para ahli.

1. George Robert Terry

Menurut George Robert Terry, manajemen adalah proses dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.

2. Hilman

Menurut Hilman, manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu target melalui perantara, serta melakukan pengawasan.

3. Oey Liang Lee

Menurut profesor Oey Liang Lee, manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

4. Mary Parker Foleot

Menurut Mary Parker Foleot, manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

5. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien.

6. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

7. Lawrence A. Aplley

Menurut Lawrence A. Appley, manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menggerakkan orang lain agar mau menyelesaikan sesuatu.

Jadi manajemen adalah seni atau keahlian untuk mengarahkan dan menggerakan orang lain dalam mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Fungsi Manajemen

Dalam fungsi manajemen ada setidaknya 5 hal yang harus diketahui diantaranya:

1. Perencanaan atau planing

Perencanaan atau Planning merupakan fungsi utama dari sebuah manajemen]. Fungsi perencanaan ini menjadi sangat penting karena fungsi ini menjadi sebuah dasar. aktifitas yang sering dilakukan dalam perencanaan yaitu menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Dalam perencanaan kita harus teliti. Diharapkan dalam perencanaan kita dapat menggunakan beberapa sudut pandang. Selain itu kita juga wajib menyiapkan rencana cadanga terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan sebelumnya.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang memiliki kaitanya dengan manusia. Dalam pengorganisasian seorang manajer dapat membagi tugas dan tanggung jawab, koordinasi, mengawasi dan mengontrol anak buahnya.

3. Penempatan

Pada saat masuk dalam sebuah perusahaan. Kita akan melewati beberapa rangkaian test. Dari rangkaian test tersebut hasilnya akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk menempatkan orang sesuai dengan minat dan kemampuan. Sebagai menejer kita berhak memindah posisi karyawan apabila karyawan tersebut dirasa kurang maksimal di bidang yang telah ditugaskan.

4. Pengarahan atau directing

Pengarahan atau directing memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan sehat dengan harapan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bekerja. Salah satu contoh kegiatan pengarahan adalah pemberian motivasi kepada anggota kelompok atau memberikan tugas dan penjelasan secara rutin.

5. Pengawasan atau controlling

Pengawasan dilakukan untuk memastikan sudah berjalan sesuai dengan visi, misi, dan peraturan perusahaan. Fungsi pengawasan biasanya digunakan untuk menilai kinerja. Kegiatan pengawasan biasanya akan dilakukan secara berkala untuk mengecek keberhasilan atau tidaknya sebuat target/ Selain seorang manajer akan melakukan klarifikasi dan koreksi jika terdapat penyimpangan dan memberikan alternatif solusi terhadap setiap permasalahan.

Unsur Unsur dalam Manajemen

Unsur-unsur manajemen terdiri dari man, money, materials, methods, machines, dan market

1. Man atau manusia

Dalam unsur yang pertama yaitu berkaitan dengan manusia. Lebih tepatnya sumber daya manusia. Sebagai seorang manajer kita harus memiliki tujuan untuk menggerakkan, memahami, hingga memotivasi karyawan. Dalam manajemen, kita harus mampu menyusun rencana dan melaksanakannya untuk mencapai tujuan.

2. Money atau uang

Uang dalam manajemen digunakan dalam manajemen untuk membiayai tenaga kerja, membeli bahan baku, serta membayar biaya perawatan mesin dll.

3. Materials atau bahan

Bahan terdiri dari 3 jenis bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Bahan adalah sumber pelaksanaan proses produksi yang selanjutnya akan ditangani langsung oleh manajer.

4. Methods atau metode

Metode bertujuan untuk menjadikan kerja yang efisien dalam pemanfaatan sumber daya, seperti manusia, uang, dan bahan.

5. Machines atau mesin

Merupakan unsur manajemen yang memiliki peran besar dalam meningkatkan efisiensi kerja dan memperkecil biaya produksi.

6. Market atau pasar.

Pasar akan menjadi tempat menyalurkan hasil produksi yang nantinya akan terjadi jual beli.

Keenam unsur di atas memiliki perannya masing-masing yang saling keterkaitan satu sama lain.

Macam-macam manajemen dan penjelasannya

1. Manajemen produksi

Manajemen produksi adalahcabang dari ilmu manajemen yang mempelajari tentang kemampuan membuat standar dan sistem produksi yang efektif dan efisien.

Tim manajemen produksi harus memiliki kompetensi tentang penentuan lokasi pabrik, merancang tata letak peralatan produksi, perencanaan produksi, proses produksi, teknik pemeliharaan serta memahami tentang perencanaan kebutuhan material, dll.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen sumber Daya Manusia (MSDM) adalah cabang dari ilmu manajemen yang mempelajari tentang cara mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja (sumber daya) yang dimiliki individu secara efektif dan efisien serta digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan.

Tim manajemen SDM memiliki kewajiban untuk mengelola seluruh sumber daya manusia agar dapat bekerja dengan kualitas yang baik dan produktif.

3. Manajemen pemasaran

Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan untuk bertahan dan juga berkembang serta mendapatkan keuntungan.

Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan pemasaran sebuah organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dan peluang pasar.

Beberapa hal yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin menjadi bagian dari manajemen pemasaran seperti pemasaran internet, branding produk, pemasaran relasional, dll.

4. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, pemeriksaan, penganggaran, pengelolaan, pencarian, pengendalian dan juga penyimpanan dana yang dimiliki perusahaan atau organisasi.

Seorang manajer keuangan harus mengetahui keseluruhan aktivitas keuangan perusahaan dengan cara analisa terhadap sumber dana dan penggunaannya untuk merealisasikan tujuan perusahaan.

5. Manajemen informasi

Manajemen informasi adalah pengelolaan data yang di dalamnya terdiri dari proses mencari, menyusun, proses klasifikasi serta memperlihatkan semua data yang terkait dengan kegiatan perusahaan.

Seseorang yang bertanggung jawab di bidang manajemen infotmasi harus mampu bekerja sama dengan tim, menyusun rencana bisnis, menguasai konsep jaringan, menguasai agoritma dan bahasa program , dsb.

6. Manajemen strategi

Fokus dari manajemen strategi adalah pada proses penetapan tujuan perusahaan, pengembangan kebijakan, perencanaan dan alokasi sumber daya untuk merealisasikan semua kebijakan serta merencanakan pencapaian tujuan perusahaan.

7. Manajemen operasi

Manajemen operasi hanya memiliki fokus pada kegiatan produksi saja. Manajer operasi memiliki tanggung jawab untuk mengelolal proses pengubahan input (material, tenaga kerja serta energi) menjadi output (barang atau jasa).

Penerapan Manajemen dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanpa disadari manusia sering melakukan kegiatan manajemen dalam kehidupan sehari-hari. mengatur waktu, mengatur pengeluaran merupakan salah satu contoh penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian tado pokok bahasan tentang pengertian manajemen. Jangan lupa kunjungi artikel menarik dari kulih solusi perkuliahan kamu.

About kawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *