Monday , March 1 2021
Breaking News

9+ Cara Memilih Jurusan Kuliah Terbukti SUKSES

Cara Memilih Jurusan Kuliah – Memilih jurusan kuliah adalah hal yang sangat penting. Kesalahan memilih jurusan akan membuat orang kecewa dan cenderung tidak maksimal saat kuliah.

Memilih jurusan kuliah harus didasari dengan kemauan dari diri sendiri, memiliki Keyakinan, memiliki tujuan yang jelas .

Apabila kamu menginginkan masuk perguruan tinggi terbaik di indonesia seperti UGM, UI, ITB, IPB atau yang lainnya, maka yang harus kita lakukan yaitu memilih jurusan yang tepat.

Kalau kamu sedang bingung memilih jurusan maka kamu sangat beruntung. Karena dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mencari jurusan kuliah dengan tepat dan bijaksana.

1. Komunikasikan dengan orang tua

Sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu berbicara terlebih dahulu dengan orang tua. Kenapa harus kita sampaikan ke orang tua? Jawabanya untuk menentukan apakah orang tua mendukung atau tidak. Selain itu berkomunikasi kepada orang tua merupakan bentuk semangat yang akan membuat motivasi orang tua mempersiapkan semuanya.

Selain itu dengan berdiskusi dengan orang tua kita bisa mengidentifikasi permasalahan. Sehingga kita bisa menyiapkan semuanya dari awal. Bahkan kalau misalnya orang tua memang tidak ada biaya. Kita bisa persiapkan diri untuk bisa memperoleh beasiswa dan bekerja paruh waktu untuk dapat membatu meringankan orang tua.

2. Persiapan lebih awal

Banyak sekali calon mahasiswa yang salah strategi dalam memilih jurusan kuliah. Mereka baru memikirkan jurusan kuliah saat dirinya di akhir-akhir masa SMA dan SMK nya.

Kesalahan strategi tersebut akan mengakibatkan kita gegabah untuk memilih jurusan kuliah, cenderung ikut-ikutan teman. Hal itu sangat merugikan dan sumber munculnya kesalahan memilih jurusan.

Mempersiapkan lebih awal akan membuat semua terencana bahkan dapat memotivasi kita untuk semangat mengejar apa yang kita sukai.

Kapan waktu yang tepat untuk memilih jurusan? Sebelum kalian menentukan jurusan pada saat SMA dan SMK.

Dengan persiapan yang matang maka kita akan menjadi pribadi yang berbeda dengan siswa pada umumnya. Kita akan memiliki harapan dan tujuan yang akan membuat kita semakin semangat dan memaksimalkan potensi yang kita miliki. Dengan persiapan yang lebih awal kita juga dapat mengantisipasi apabila ada kesalahan atau kegagalan dengan rencana yang telah kita buat.

3. Cari kesukaan

Kesukaan kita terhadap sesuatu akan membuat kita semakin bersemangat dalam mengerjakannya. Mencari kesukaan adalah salah satu cara identifikasi kemampuan kita. Kita bisa membuat list kesukaan yang nantinya akan digunakan untuk memilih jurusan kuliah.

4. Temukan potensimu

Banyak orang yang sulit menemukan potensi nya. Hal ini bisa dikarenakan karena orang tersebut memiliki sedikit pengalaman dan tidak mau mencoba sesuatu yang baru. Kadang potensi yang kita miliki tidak sesuai dengan apa yang disukai. Namun ketika kita menemukan potensi dan sering melakukan nantinya akan menimbulkan rasa suka.

Pemilihan jurusan kuliah yang baik yaitu sejalan dengan potensi mu. Potensi bisa di dapat dari hasil atau penilaian orang terhadap apa yang kamu kerjakan. Untuk itu kita bisa identifikasi dengan membuat list potensimu.

5. Cari informasi

Setelah mengetahui kesukaan dan potensi maka yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu mencari informasi mengenai macam-macam jurusan kuliah. Carilah beberapa jurusan yang mewakili kesukaan dan potensi kita.

6. Minta rekomendasi

Carilah teman atau kakak kakak yang kuliah di jurusan yang kalian list. Bagaimana prospek kedepan, terus bidang kerja apa saja yang cocok untuk jurusan tersebut, biaya, dan apa pun yang ingin kalian tanyakan.

Mintalah orang terdekat merekomendasikan jurusan kuliah apa yang cocok untuk kamu. Jangan lupa mintalah alasan kenapa merekomendasikan hal tersebut

7. Cita-cita

Sebagai manusia tentunya sebagian besar orang memiliki cita-cita. Dari list jurusan yang ingin dipilih kamu bisa sesuaikan atau dikerucutkan lagi yang berhubungan dengan cita cita. Setelah itu perlu kita tentukan 2-3 list yang akan kita pilih. Kenapa kita harus memilih 2 atau 3 list.

Dalam berjalannya waktu tentunya banyak informasi atau situasi dan kondisi yang dapat berubah. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pemilihan 2 atau 3 jurusan kuliah sangat tepat bagi kamu. Tentunya tetap harus dipisahkan mana yang menjadi preoritas dan mana cadangan.

8. Fokus

Dalam memilih jurusan kuliah, kita akan dibingungkan dengan banyak hal. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita perlu fokus kepada tujuan kita. Jangan mudah terpengaruh dengan siapa pun. Pikirkanlah bahwa orang lain hanya memberi referensi dan kamulah yang akan menjalankan nya.

9. Biaya

Ketahui biaya yang tiap jurusan yang kamu inginkan. Tujuan mengetahui biaya adalah bentuk usaha kita mencari cara agar biaya tidak menjadi hambatan pada waktu mendaftar kuliah nantinya.

Kondisi awal akan menjadi tulak ukur bagaimana kita akan melangkah.

Misalnya : Kondisi orang tua yang kurang mampu. Melihat kondisi ini kamu harus memiliki motivasi tinggi. Kamu bisa berusaha belajar untuk mendapatkan nilai baik dan mendapatkan beasiswa atau kamu bisa bekerja sambilan untuk membantu beban orang tua. Karena untuk biaya orang tualah yang sering memikirkannya. Siapa tahu kamu ingin mandiri. Tidak ada yang tidak mungkin.

10. Alasan yang kuat (bonus)

Tanpa alasan yang kuat, kita tidak memiliki daya juang yang besar dan malas malasan. Buatlah alasan kenapa kamu ingin kuliah dan memilih jurusan itu. Buatlah itu semua menjadi misi yang harus kalian selesaikan. Kamu tidak harus seperti orang lain. Alasan atau tujuan orang akan berbeda. Jangan takut menjadi orang yang berbeda dan jangan takut meyakini apa yang pantas kamu yakini.

Demikian tadi cara memilih jurusan kuliah. Kenapa ribet? Karena dunia setelah kamu selesai kuliah akan banyak tantangan yang perlu disiapkan.

About kawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *